Tim Akademik Jurusan Bisnis dan Jurusan Pariwisata Universitas Brawijaya Berkunjung ke Prodi S-2 Kajian Pariwisata

Prof. Syamsul A. Paturusi menyerahkan kenang-kenangan buku kepada Prof. Endang dari Unibraw (Foto-foto Darma Putra)

Tim akademik Jurusan Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang berkunjung ke Prodi S-2 Kajian Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud untuk berdiskusi dengan mahasiswa mengenai peluang karier menjadi dosen, Senin, 22 Mei 2017.

Tim dari Unibraw terdiri dari tiga orang yaitu Prof. Dr. Endang Astuti,M.Si. (Ketut Jurusan Bisnis), Yusri Abdillah, M.Si., Ph.D. (Ketua Prodi S-1 Pariwisata Unibraw), dan Mohammad Iqbal,MIB, DBA (Sekretaris Jurusan Bisnis).

Kunjungan mereka diterima oleh Kaprodi dan Sekretaris Prodi Prof. Darma Putra dan Prof. Syamsul Alam Paturusi. Dialog peluang kerja sebagai dosen diikuti 20 mahasiswa, yang sebagian juga berminat menjadi tenaga akademik.

Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata Unud, Prof. Darma Putra menyambut baik kehadiran tim dosen dari Unibraw.

“Kehadiran tim menunjukkan bahwa prodi kami diperhitungkan untuk rekrutmen tenaga dosen,” ujar Darma Putra. Sebelumnya, sudah ada beberapa lembaga pendidikan yang datang ke S-2 Kajian Pariwisata untuk tujuan serupa seperti Universitas Petra Surabaya.

Mahasiswa peserta dialog rekrutmen tenaga akademik.

Linier Pariwisata

Prof. Endang dari Unibraw menyampaikan bahwa Fakultas Ilmu Pariwisata Unibraw memiliki sejumlah jurusan termasuk Jurusan Pariwisata dan Jurusan Bisnis.

Ada peluang untuk alumnis S-2 Kajian Pariwisata untuk bisa menjadi dosen di sana sepanjang kualifikasi memenuhi.

“Syarat lain adalah bidang ilmunya linier pariwisata dan program S-1 dan S-2 adalah dari perguruan tinggi negeri,” ujar Prof. Endang.

Dialog antara Tim Akademik Unibraw dan mahasiswa berlangsung efektif ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa. Penjelasan yang disampaikan Tim juga disampaikan secara informatif sehingga memuaskan rasa ingin tahu mahasiswa.

Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan berupa buku yang diterbitkan oleh Prodi S-2 Kajian Pariwisata, yaitu buku Wisata Kuliner Atribut Baru Destinasi Ubud (2016) tulisan Diah Sastri Pitanatri dan I Nyoman Darma Putra dan buku Recent Developments in Bali Tourism: Culture, Heritage, and Landscape in an Open Fortress (2015) suntingan I Nyoman Darma Putra dan Siobhan Campbell. (*)