Tes Seleksi Masuk S-2 Kajian Pariwisata 2015

Suasana seleksi calon mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata Unud, 9 Mei 2015 (Foto Nyoman KAriana).

Suasana seleksi calon mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata Unud, 9 Mei 2015 (Foto Nyoman Kariana).

Ujian seleksi masuk calon mahasiswa baru Program Studi S-2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana berlangsung Sabtu, 9 Mei 2015, serentak dengan seleksi mahasiswa baru program studi pascasarjana Unud lainnya.

Hari pertama berlangsung tes tulis dan wawancara, sedangkan pada hari kedua, 10 Mei, berlangsung tes bahasa bahasa Inggris dan tes potensi akademik. Tes yang berlangsung di Kampus Unud Sudirman, Denpasar, itu berjalan lancar.

Menurut Ketua Prodi S-2 Kajian Pariwisata, Prof. I Nyoman Darma Putra, jumlah calon mahasiswa yang ikut seleksi 29 orang. Jumlah pendaftar semula adalah 41 tetapi karena tidak semua melengkapi berkas, hanya 31 pelamar yang lolos seleksi administrasi, dan akhirnya hanya 29 yang ikut seleksi.

“Para calon mahasiswa memiliki kemampaun dan semangat belajar yang baik,” cetus Darma, didampingi Sekretaris Program Studi Dr. Syamsul Alam Paturusi, yang juga ikut melakukan seleksi wawancara.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata Unud berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Lombok, Sumbawa, Jawa Timur, Yogya, Makassar, Kalimantan, Papua, dan Timor Leste.

Latar belakang pendidikan mereka juga beragam, mulai dari sarjana bahasa Inggris, ekonomi dan bisnis, kepariwisataan, dan lain-lain. Ada yang sudah bekerja di industri pariwisata bahkan sampai tingkat supervisor, ada yang usaha sendiri, dan banyak juga yang fresh graduate (yang baru tamat).

“Sebuah campuran yang bagus karena mahasiswa bisa bergaul dalam suasana akademik dengan mereka yang dari berbagai daerah dan laatr belakang pendidikan dan pengalaman yang beraneka,” ujar Darma Putra.

Hasil seleksi diumumkan 23 Mei. Untuk beberapa program studi, Unud akan membuka gelombang kedua, yang pendaftaranya mulai 22-27 Juni 2015.

Perkuliahan mulai akhir Agustus atau awal September. (dp)