Seleksi Mahasiswa Baru Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud 2016

tes (1)

Suasana tes tulis dalam seleksi mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata Unud (Foto Nyoamn Kariana)

Tes seleksi mahasiswa baru tahap pertama Prodi Kajian Pariwisata Program Pascasarjana Universitas Udayana berlangsung Sabtu, 30 April dan Minggu 1 Mei 2016, di Kampus Unud Sudirman.

Pengumuman seleksi rencananya dilaksanakan 12 Mei, setelah itu akan ada lagi seleksi gelombang kedua. Pembukaan pendaftarannya untuk seleksi mahasiswa baru gelombang kedua direncanakan 30 Mei-24 Juni 2016.

“Kami akan melaksanakan seleksi tahap kedua, untuk mendapatkan calon-calon mahasiswa yang baik,” ujar Kaprodi Magister Kajian Pariwisata Prof. I Nyoman Darma Putra.

Seleksi pada hari pertama diisi dengan tes tulis untuk mengukur kompetensi dasar (KTD), wawancara, pengetahuan umum, dan rencana riset. Hari kedua adalah tes potensi akademik (TPA) dan kemampuan bahasa Inggris.

Berbagai Daerah

Menurut Darma Putra, calon mahasiswa Prodi Kajian Pariwisata yang mengikuti seleksi berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, berbagai kota di Jawa, Sulawesi, NTB, NTT, dan Papua.

“Calon dari Bali memang paling dominan,” ujar Darma.

Ditambahkan bahwa latar belakang pendidikan mereka pun beragam, seperti sastra, pariwisata, hukum, dan ekonomi.

Dilihat dari latar belakang sosialnya, sebagian besar calon mahasiswa sudah bekerja atau memiliki pengalaman kerja di industri kepariwisataan termasuk hotel, kapal pesiar, money changer, guru SMK Pariwisata, dan sebagai pengajar perguruan tinggi.

“Para guru dan dosen melanjutkan kuliah untuk mendapatkan kualifikasi agar bisa menjadi guru dan dosen penuh, kalau tidak mereka tidak diberikan mengajar,” ujar Darma, mengutip wawancara penuturan peserta seleksi.

Untitled

Seleksi calon mahasiswa baru Prodi S-2 Kajian Pariwisata (Foto: I Nyoman Kariana dan Darma Putra)

 

Test wawacara dilaksanakan oleh Ketua dan Sekretaris Prodi Magister Kajian Pariwisata masing-masing I Nyoman Darma Putra dan Dr. Syamsul Alam Paturusi. Seleksi berlangsung selama tiga jam. (*)