Kajian Pariwisata Tamatkan 11 Magister termasuk Dua “Double Degree” dalam Wisuda Periode Maret 2017

Sekretaris Prodi Dr. Syamsul Alam Paturusi,MSP berfoto bersama lulusan Magister S-2 Kajian Pariwisata untuk wisuda periode Maret 2017.

Prodi Magister Kajian Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud menamatkan sebelas mahasiswa dengan gelar M.Par. dalam periode wisuda Maret 2017. Dua di antaranya tamatan program double degree di Perancis. 

Kesebelas lulusan tersebut dilepas sebagai calon wisudawan di Fakultas Pariwisata, Kamis, 9 Maret 2017. Dua hari kemudiannya, Sabtu, 11 Maret, mereka mengikuti upacara wisuda di Kampus Unud, Bukit Jimbaran.

Mereka dilepas bersama calon wisudawan jenjang S-1 (sarjana) dan S-3 (doktor) dalam suatu upacara yang dipimpin Dekan Fakultas Pariwisata Drs. I Made Sendra,M.Hum., didampingi wakil dekan dan ketua kaprodi (ketua program studi). Pada saat itu, Prodi S-2 Kajian Pariwisata diwakili sekretaris Prodi Dr. Syamsul Alam Paturusi, MSP.

Dr. Syamsul (kiri) menyerahkan daftar lulusan kepada Dekan Fakultas Pariwisata I Made Sendra.

Tergolong Istimewa

Menurut Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata Unud Prof. I Nyoman Darma Putra, acara pelepasan calon wisudawan S-2 Kajian Pariwisata kali ini tergolong istimewa dibandingkan tradisi sebelumnya.

Kalau sebelumnya, pelepasan alumni S-2 Kajian Pariwisata dilaksanakan bersama di Program Pascasarjana Unud, kali ini dilaksanakan di tingkat Fakultas sesuai dengan tata kelola Unud yang baru, yang menyerahkan prodi S-2 dan S-3 ke fakultas sebidang. “Penyerahan ini dilaksanakan 23 Desember 2016. Ini pelepasan calon wisudawan pertama sejak berlakunya tata kelola yang baru,” ujar Darma Putra.

Daftar kesebelas lulusan magister tersebut ada di bawah. Dalam deretan nama tersebut, terdapat dua mahasiswa dari luar negeri yaitu Kang Hyeonseock dari Korea dan Magda Araujo Ibonia Bossa Viana dari Timor Leste. Sebelum mengikuti kuliah di Prodi S-2 Kajian Pariwisata, Kang yang berasal dari Seoul itu mengambil kursus bahasa Indonesia di Fakultas Ilmu Budaya Unud.

Dekan Fak Pariwisata I Made Sendra saat upacara pelepasan calon wisudawan.

Master “Double Degree”

Selain itu, terdapat juga dua alumni yang lulus dalam program double degree yaitu Putu Devi Rosalina dan Putu Swasti Asparini Syahrijati. Devi menempuh program gelar ganda di Angers University, sedangkan Swasti di Sorbonne University, Perancis.

Sejak tahun 2010, Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud diikutkan dalam program double degree. “Kali ini program tetap berlangsung, hanya saja mahasiswa harus mencari beasiswa sendiri atau biaya sendiri,” ujar Darma Putra.

Selain double degree, menurut Darma Putra, Prodi S-2 juga melaksanakan program joint curriculum dengan University Applied Sciences, Stralsund, Jerman. Dalam program ini, lima mahasiswa Jerman kuliah di Unud, dan lima mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata dapat kuliah di Jerman.

Sekretaris Prodi Dr. Syamsul Alam Paturusi memberikan ucapan selamat.

Daftar Nama lulusan Magister Kajian Pariwisata periode wisuda Maret 2017.

  1. Rimalinda Lukitasari
  2. Nyoman Putri Aras Kembang
  3. Putu Devi Rosalina
  4. Kang Hyeonseock
  5. Putu Swasti Asparini Syahrijati
  6. Ni Putu Evi Wijayanti
  7. Ni Made Ratih Sumartini Cakera
  8. Magda Araujo Ibonia Bossa Viana
  9. I Wayan Suteja, S.Par.,M.Par.
  10. Ida Bagus Udayana Pidada
  11. Anak Agung Ngurah Sedana Putra