Prodi Kajian Pariwisata Unud Aktif dalam Kegiatan Hildiktipari Menyusun Draf Capaian Pembelajaran S-2 Pariwisata

whatsapp-image-2016-11-25-at-14-05-35

Narasumber Dr. Megawati Santoso (lima dari kanan) berfoto bersama peserta lokakarya termasuk Prof Azril Azahari (tiga dari kanan), Prof. Darma Putra (dua dari kanan), dan Drs. Jacob Ganef Pah, MS (keempat dari kiri) dalam lokakarya di STP Nusa Dua, 24-25 November 2016.

Prodi Magister Kajian Pariwisata Pascasarjana Unud senantiasa aktif dalam penyusunan rancangan Capaian Pembelajaran (CP/ Learning Outcome) sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI) untuk program S-2 dan S-3 Pariwisata.

Demikian disampaikan Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata Unud Prof. I Nyoman Darma Putra, di sela-sela lokakarya penyusunan CP S-2 dan S-3 Pariwisata di Kampus STP Nusa Dua, 24-25 November 2016.

Lokakarya dilaksanakan Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari) yang menghadirkan narasumber tunggal Dr. Megawati Santoso dari Ristek Dikti. Lokakarya ini merupakan kelanjutan dari seri pertemuan penyusunan CP yang dilaksanakan bergiliran di Jakarta, Bandung, Bali, dan Jogya tahun 2015-2016.

Lokakarya di STP Nusa Dua bisa dikatakan lokakarya terakhir karena akhir tahun ini, CP untuk S-1, S-2 dan S-3 pariwisata sudah harus rampung. Hildiktipari sudah merampungkan lebih dari 12 CP untuk program diploma dan sudah ditetapkan sebagai CP oleh RistekDikti.

“Semoga akhir tahun ini, target merampungkan draft CP untuk tingkat sarjana, master, dan doktor bisa rampung dan disahkan Dikti,” ujar Drs. Jacob Ganef Pah, MS., salah seorang pengurus Hildiktipari yang memimpin lokakarya di STP Nusa Dua.

Proses penetapan CP oleh Dikti adalah melalui validasi dan uji publik lewat laman Dikti, setelah itu baru ditetapkan untuk digunakan oleh semua prodi sejenis dan setingkat.

Hadir pada lokakarya ini adalah utusan dari STP Nusa Dua, STPBI Bali, STP Bandung, STP Trisakti, dan Prodi Magister Kajian Pariwisata.

Narasumber Dr. Megawati Santoso saat memberikan penjelasan.

Narasumber Dr. Megawati Santoso saat memberikan penjelasan.

Senantiasa Aktif

Menyinggung partisipasi dan keaktifan Prodi Magister Kajian Pariwisata Pascasarjana Unud dalam penyusunan Capaian Pembelajaran (CP/ Learning Outcome) untuk program S-2 dan S-3, Darma Putra menyampaikan bahwa hal ini merupakan kewajiban untuk kepentingan bersama.

“Wajib berpartisipasi karena kurikulum berbasis CP merupakan hal baru yang ditetapkan pemerintah mengacu pada KKNI dan setiap prodi harus mengikuti,” ujar Darma Putra, yang duduk di dalam tim penyusunan CP Prodi S-2 dan S-3, bersama Prof. Azril Azahari (koordinator) dan Prof. A. Baiquni (dari UGM).

Tim ini bekerja berdasarkan SK Hildiktipari No. 18/KCP/DPP HILDIKTIPARI/IV/2015 tertanggal 20 April 2015 yang ditantangani Ketua Suhendroyono, SH, MM, M.Par.

Dalam SK ini juga tertuang nama dan koordinator penyusunan CP untuk bidang vokasi dan diploma. Berikut adalah SK penyusunan CP Hildiktiparisk-hildiktipari-1 sk-2(*)

 

 

 

sk-hildiktipari-lamp_1

sk-hildiktipari-lamp_2