Prodi S-2 Kajian Pariwisata Gelar Peluncuran Buku dan Kuliah Umum tentang Peran Kuliner Lokal dalam Promosi Pariwisata Internasional

Prodi Magister Kajian Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud akan melaksanakan peluncurkan buku dan kuliah umum mengenai wisata kuliner. Acara yang terbuka untuk umum dan gratis ini dilaksanakan, Rabu, 15 Maret 2017, di Gedung Aula Pascasarjana, Unud, Jalan Sudirman Denpasar.

Buku yang diluncurkan berjudul Wisata Kuliner Atribut Baru Destinasi Ubud (2016) karya bersama Putu Diah Sastri Pitanatri dan I Nyoman Darma Putra. Peluncuran dilakukan oleh Prof. Dr. I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata.

Setelah itu, guru besar pariwisata Universitas Udayana ini akan memberikan kuliah umum mengenai peran kuliner dalam promosi pariwisata Indonesia di mancanegara.

Permintaan untuk menghadiri acara ini datang dari berbagai pihak, termasuk sejumlah pengelola akomodasi dan bisnis pariwisata di Ubud.

Bersyukur

Darma Putra menyatakan bersyukur karena permintaan untuk memberikan kuliah umum kepada Prof Pitana bisa dipenuhi di tengah kesibukan beliau.

“Saya lihat beliau terus bepergian mengawal promosi pariwisata Indonesia di berbagai negara, termasuk yang terakhir di ITB Berlin dan di Australia,” ujar Darma Putra.

Sehubungan dengan itu, Darma Putra mengimbau mahasiswa untuk menghadiri acara kuliah umum dari Prof. Pitana.

“Beliau akan memberikan kita info pemasaran pariwisata Indonesia di mancanegara dalam era kian ketatanya persaingan global, dengan memberikan penekanan khusus pada pentingnya kuliner dalam promosi,” ujar Darma Putra.

Selama ini, promosi pariwisata Indonesia ditampilkan dengan penampilan kahasanah seni budaya seperti tari-tarian.

“Kami berharap Prof. Pitana bisa memberikan pandangan komprehensifnya peran kuliner dalam promosi pariwisata,” ujar Darma Putra.

Buku WISATA KULINER ATRIBUT BARU DESTINASI UBUD

Setiap Tahun

Dalam tiga tahun terakhir, Prof. Pitana selalu menyempatkan hadir setahun sekali memberikan kuliah umum kepada mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata, mahasiswa S-3, dan S-1 serta para dosen.

Tahun lalu, 20 April 2016, Prof. Pitana hadir di Prodi S2 Kajian Pariwisata untuk peluncuran dua buku yang diterbitkan Prodi S-2 Kajian Pariwisata yaitu Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali (2015) dan Recent Developments in Bali Tourism: Culture, Heritage, and Landscape in an Open Fortress (2015) dua buku.

Saat itu pun, acara peluncuran buku diisi dengan kuliah umum dengan topik “Era Baru Promosi Pariwisata Indonesia” (dp).