Prodi Magister (S2) Pariwisata Universitas Udayana Gelar Pelatihan Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Faktor dengan Software Spss

Peserta Pelatihan Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Faktor dengan Software Spss

Antusias mahasiswa Program Studi Magister (S2) Pariwisata Universitas Udayana dalam mengikuti pelatihan Metode Penelitian Kuantitatif “Analisis Faktor dengan menggunakan Software SPSS” dapat dilihat dari kehadirannya yang hampir memenuhi Auditoriun Pascasarjana Universitas Udayana pada Sabtu, 21 April 2018 yang berlangsung dari pagi hingga sore hari.  Sebamyak sekitar 100 orang mahasiswa Prodi S2 Pariwisata mengikuti acara pelatihan ini.

Koordinator Program Studi Magister (S2) Pariwisata Dr. Ir. I Gusti Ayu Oka Suryawardani, M.Mgt., Ph.D saat memberikan sambutan dan semangat kepada mahasiswa.

Koordinator Program Studi Magister (S2) Pariwisata Dr. Ir. I Gusti Ayu Oka Suryawardani, M.Mgt., Ph.D. mengatakan bahwa acara ini digelar dengan tujuan untuk melengkapi pemahaman mahasiswa tentang metode penelitian yang sudah diberikan pada  saat perkuliahan sebelumnya.  Dikatakan juga bahwa dengan memahami metode analisis kuantitatif yang dipraktekan langsung dengan software yang sesuai maka akan mempermudah mahasiswa dalam membuat rencana penelitian, membuat pemetaan tentang variabel-variabel yang akan diteliti, mengolah data dan menginterpretasi hasil penelitian.  Kegiatan pelatihan metode penelitian kuantitatif ini juga untuk mendukung kekuatan Program Studi Magister (S2) Pariwisata Universitas Udayana yang lebih menekankan pada kajian akademis melalui pelaksanaan penelitian berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah yang tepat.  Penelitian akan menghasilkan output yang baik apabila didukung oleh metode penelitian dan teknik analisis yang tepat.  Koprodi mengajak mahasiswa yang tertarik untuk melakukan penelitian kuantitatif untuk mengubah mindset mahasiswa bahwa Statistika bukan merupakan ilmu yang sulit, namun justru akan mempermudah pelaksanaan penelitian.

Para narasumber yaitu Ir. Agung Suryawan Wiranatha, MSc., PhD. (kiri) dan Ir. I Putu Eka N. Kencana, M.T., (kanan).

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Ir. I Putu Eka N. Kencana, M.T., dosen ahli statistika dari Fakultas MIPA Universitas Udayana, yang merupakan lulusan S1 Jurusan Statistika, Institut Pertanian Bogor dan alumni  S2 Teknik dan Manajemen Industri, Institut Teknologi Bandung.  Narasumber lainnya adalah Ir. Agung Suryawan Wiranatha, MSc., PhD. selaku Kepala Pusat Penelitian Kepariwisataan Universitas Udayana yang memberikan pemaparan tentang filosofi penelitian pariwisata dan proses penelitian dan penulisan tesis (karya ilmiah) untuk tingkat magister (S2).  Menurut Ir. I Putu N. Kencana, M.T., statistika hanyalah sebagai alat, selanjutnya interpretasi harus dilaksanakan secara lebih komprehensif oleh peneliti agar memberikan makna yang lebih mendalam terhadap output dari hasil analisis yang dilakukan. Sedangkan Dr. Agung Suryawan Wiranatha mengatakan bahwa ada lima ciri penelitian ilmiah untuk tesis mahasiswa magister yaitu: sistematik, logis, empirik, reduktif, dan replikatif.

Kedepan, Koordinator Program Studi Magister (S2) Pariwisata merencanakan akan memberikan pelatihan dengan menggunakan software yang lain seperti Smart_PLS dan AMOS yang membahas tentang Model Persamaan Struktural (Structural Equation Modeling). Tidak kalah pentingnya dengan Metode Kuantitatif, Prodi S2 Pariwisata merencanakan juga pelatihan Metode Kualitatif dengan software NVIVO pada program pelatihan selanjutnya agar penguasaan metode penelitian oleh mahasiswa Prodi Magister (S2) Pariwisata Universitas Udayana menjadi lebih lengkap.  Dengan memberikan  pelatihan berdasarkan berbagai pilihan alat analisis maka akan mempermudah mahasiswa dalam melakukan analisis data sesuai dengan minat penelitian yang akan dilakukan. Demikian dijelaskan oleh Koordinator Program Studi Magister (S2) Pariwisata Universitas Udayana.