Prodi Magister Pariwisata Unud Laksanakan Kuliah Kolaborasi dengan University of Melbourne

Program Study Magister (S2) Pariwisata merampungkan kegiatan Collaborative Course yang merupakan program kerjasama antara Program Study Magister (S2) Pariwisata dengan School of Social and Political Sciences, Faculty of Arts, University of Melbourne Australia yang berlangsung di Gedung Agrokompleks Kampus Universitas Udayana Denpasar, dari tanggal 9-20 July 2018.  Program ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yang digagas oleh Prof. I Nyoman Darma Putra, M.Litt.  Sebanyak dua puluh mahasiswa dari School of Social and Political Sciences, Faculty of Arts, University of Melbourne Australia hadir pada acara tersebut yang dipimpin oleh Dr. Paul Green.

Short Course dengan tema “Collaborative Course Cultural Tourism in Southeast Asia” dibuka secara resmi oleh Dekan Falutas (S2) Pariwisata Universitas Udayana, Dr. Drs. I Nyoman Sunarta, MS.  Menurut Koordinator Program Studi Magister Parwisata, program ini merupakan program kerjasama yang sangat bagus, karena mahasiswa mendapatkan tambahan wawasan tentang pariwisata Bali, peluang dan tantangannya.

Topik yang disampaikan dalam Short Course diawali dengan topik  “National and global context of cultural tourism” yang disampaikan oleh Dr. Paul Green,  selanjutnya Sustainable Tourism yang disampaikan oleh Agung Suryawan Wiranatha, M,Sc, Ph.D.

Field trip ke Taman Ayun World Heritage Site juga menghiasi  acara short course.   Namun saying sekali, Topik Community Based Tourism yang rencananya diadakan di Puri Taman Sari  yang disampaikan oleh Prof. Darma Putra, terpaksa harus dipindahkan ke salah satu hotel di Sanur karena owner Puri Taman Sari  (Agung Prana) dipanggil Yang Maha Kuasa.   Puri Taman Sari  dimanfaatkan sebagai rumah

Dr. Paul Green memberikan topik-topik menarik lainnya dalam Short Course tersebut, antara lain Imaginings of Bali dan Residential tourism. Tourism Marketing disampaikan oleh I Gusti Ayu Oka Suryawardani dan Heritage Tourism oleh Prof. Wayan Ardika.   Short Couse juga dihiasi oleh kunjungan ke  ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) Nusa Dua untuk mendapatkan pemahaman tentang  recycling facilities and management yang dikelola oleh ITDC Nusa Dua.