Prodi Magister Kajian Pariwisata Unud Lepas Lima Lulusan

13334515_10209191426884186_73907969_o

Dari kiri: Prof. I Nyoman Darma Putra (Kaprodi), I Komang Edy Wirawan, I Made Gunawan, Juita Carolina Lesawengen, Tomas Pereira, dan Rizal Kurniansah, dan Dr. Syamsul Alam Paturusi (Sekretaris Prodi).

Lima alumni Prodi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana mengikuti acara pelepasan calon wisudawan di Gedung Pascasarjana Unud, Denpasar, Rabu, 1 Juni 2016.

Kelima lulusan yang ikut upacara pelepasan adalah I Made Gunawan, Rizal Kurniansah,  I Komang Edy Wirawan, Juita Carolina Lesawengen, dan Tomas Pereira (dari Timor Leste). Kelima lulusan ini sudah bekerja, termasuk tiga di antaranya mendapat pekerjaan segera setelah lulus kuliah.

Tomas sudah direkrut menjadi dosen di sebuah Politeknik di negerinya, sedangkan Rizal kini menjadi dosen di dua kampus di Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu Akpar Mataram dan Universitas Mataram, pekerjaan yang diperoleh segera setelah dia menyelesaikan kuliah S-2 di Kajian pariwisata (Langsung Dipinang jadi Dosen).

Made Gunawan adalah Kepala Desa Kerta, Kecamatan Payangan, desa yang tahun 2017 akan memiliki kebun raya sebagai daya tarik wisata. Komang Edy bekerja di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem, sedangkan Juita bekerja di sebuah hotel di Kuta namun tak lama lagi akan beralih profesi menjadi dosen.

Sekretaris Prodi Magister Pariwisata Dr. Syamsul Alam Paturusi yang hadir dalam upacara pelepasan calon wisudawan itu merasa bangga karena anak didiknya bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat. “Direkrut menjadi dosen adalah kebanggaan alumni kami, juga kebanggaan kami karena menjadi tenaga pendidik atau peneliti adalah termasuk profil lulusan kami,” ujar Syamsul, yang meraih gelar doktor dari sebuah universitas di Perancis.

Kelima lulusan ini dilepas oleh Direktur Pascasarjana Prof Raka Sudewi bersamaan dengan lulusan program master dan program doktor Pascasarjana Unud. Jumlah lulusan master adalah 169 orang, doktor 23 orang.

DSC_0326

“Jumlah lulusan semua 192 orang,” ujar Prof. Made Budiarsa, Asiten Direktur Bidang Akademik Pascasarjana Unud. Profil lulusan untuk master adalah 92 orang laki-laki, 77 perempuan; untuk doktor 17 laki-laki, 6 orang perempuan.

Mereka mengikuti upacara wisuda Sabtu, 4 Juni 2016 di Kampus Unud, Bukit Jimbaran, bersama lulusan tingkat sarjana (s-1) lainnya dari lingkungan Unud (*).