Penuh Suka Cita, Acara Reuni dan HUT Ke-15 Prodi S-2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana

Kaprodi memotong tumpeng HUT, disaksikan Dekan Fak Pariwisata (kanan), mantan Kaprodi Prof. Sirtha (batik) dan panitia serta hadirin.

Acara Reuni dan perayaan HUT ke-15 Program Studi Kajian Pariwisata Unud berlangsung lancar dan penuh keriangan di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar, Sabtu, 17 Desember 2016.

Acara ditandai dengan pelepasan burung merpati dan pemotongan tumpeng.

Sekitar 200 alumni dan mahasiswa serta civitas akademika menghadiri acara yang pertama kali digelar itu.Biasanya, acara HUT dilaksanakan secara internal di kampus, tetapi kali ini melibatkan alumni.

Pelepasan burung merpati, simbol perdamaian dan kreativitas mencari ilmu ke dunia luas.

Meskipun hujan deras dan berangin serta guntur sempat menggempur langit, hal itu tidak mengurungkan niat peserta datang ke acara.

Hanya satu-dua undangan terpaksa balik-kanan karena begitu tiba di tempat parkir, mereka kesulitan turun menuju aula tempat acara berlangsung karena air meluap akibat deras hujan.

Foto kenangan sebelum acara mulai.

Tiba sebelum Hujan

Syukurnya sudah banyak mahasiswa dan dosen yang tiba lebih awal, dan sudah ada di tempat sebelum hujan turun.

Info ‘pemanasan’ akan acara Reuni dan HUT bersahut-sahutan di WA Group membuat banyak mahasiswa dan alumni hadir. Bahkan, hadir lebih awal untuk berbagi kangen dengan kawan sekuliah setelah tak jumpa beberapa tahun.

Ketua Ikayana S-2 Par Ian Bhaskara.

Suasana rileks di akhir tahun membuat alumni melangkah lebih ringan ke acara reuni dan perayaan HUT yang dinanti-nanti.

Hampir seluruh wakil angkatan hadir dalam acara reuni. Lokasi acara yang luas, parkir yang memadai di Desa Budaya Kertalangu, membuat acara berlangsung nyaman dan menggembirakan.

img_9760

Mahasiswa menyumbangkan lagu.

img_9775

Mahasiswa menyumbangkan lagu kenangan.

Tema Reuni dan HUT

Reuni dan perayaan HUT mengambil tema “Embracing Memories and Strengthening Friendship” ditetapkan untuk mewakili perasaan untuk menjangkau kenangan dan memperkuat persahabatan.

Foto bersama bergiliran demi kenangan.

Prodi S-2 Kajian Pariwisata berdiri tahun 2001 dan sejak itu sudah menamatkan hampir 300 sarjana bergelar master.

Hadir dalam reuni untuk mengumbar rindu adalah harapan lama. Kehadiran saat itu juga untuk memperkuat persahabatan.

Alumni S-2 Par berasal dan bekerja di berbagai tempat seperti di pemerintahan, kampus, sekolah, industri pariwisata, dan pengusaha.

Ian Bhaskara memberikan keterangan pada wartawan.

Acara Reuni dan HUT dirancang bersama antara Ikatan Alumni Universitas Udayana (Ikayana) S-2 Pariwisata.

Ketua Ikayana S-2 Par, Ian Bhaskara dengan gesit dan penuh semangat mengatur acara sejak awal. Walau waktu persiapan hanya dua minggu, acara dikemas dengan apik dan berlangsung lancar, penuh suka cita, dan kekeluargaan.

Kebersamaan.

Kebersamaan.

Bentuk Panitia

Kesempatan menggelar reuni dan perayaan HUT diawali dengan pembentukan Panitia Reuni yaitu Dr. I Nyoman Sudiarta, alumni S-2 Kajian Pariwisata yang juga dosen Fakultas Pariwisata.

Panitia bekerja dengan efektif, melakukan koordinasi dengan baik lewat WA sehingga persiapan dan segala kebutuhan diraih dengan lengkap.

Pada saat acara, hadir Prof. I Nyoman Sirtha, mantan Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata. Dalam sambutannya beliau menyatakan kekaguman atas kekompakan alumni S-2 Par dan berharap acara temu kangen bisa dilaksanakan secara reguler.

Gembira dengan door prize.

“Tahun depan saya ingin mellihat lagi kita berkumpul seperti ini,” harap Prof. Sirtha yang sudah memasuki masa pensiun tetapi masih tetap aktif mengajar di Unud.

Foto kenangan sebelum pulang.

Foto kenangan sebelum pulang.

Ketua Ikayana S-2 Par, I Nyoman Kartimin,SS., M.Par. yang akrab dipanggil Ian Bhaskara menyapaikan terima kasih atas kehadiran anggotanya, juga dukungan sponsorship dari anggota dan beberapa perusahaan.

“Kami mohon masukan untuk program kerja sehingga Ikayana S-2 Par tetap bisa kompak, memberikan kontribusi untuk berterima kasih kepada prodi tempat belajar selama ini,” ujar Ian Bhaskara yang juga seorang penyiar radio dan dosen di sebuah perguruan tinggi swasta jurusan pariwisata.

Potong tumpeng HUT.

Ketua Panitia Dr. I Nyoman Sudiarta dalam sambutan yang penuh semangat, berapi-api dan riang gembira, mengawali dengan mengajak peserta melakukan yel-yel ‘S-2 Pariwisata JAYA…”.

Dia memuji kekompakan kerja panitia dan sambutan alumni untuk hadir dalam reuni dan HUT.

Tari Sekar Jempiring.

Sosialisasi Visi dan Misi

Sudiarta menjelaskan bahwa acara reuni dan HUT kali ini memiliki arti penting karena dapat mendukung acara reakreditasi program studi yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Pada saat itu, disosiaslisasikan visi misi program studi yang baru.

Visi dan misi prodi ditayangkan di layar dan dijelaskan di hadapan para hadirin.

Dekan Fakultas Pariwisata, Drs. I Made Sendra,M.Si. yang hadir sekaligus mewakili Rektor Unud menyambut gembira pelaksanaan reuni dan HUT. Dia memuji semangat alumni dan mahasiswa yang kompak hadir.

“Semoga kekompakan ini terus terjalin,” ujarnya.

Reuni dan menikmati hidangan dalam kebersamaan.

Reuni dan menikmati hidangan dalam kebersamaan.

Saat itu, Made Sendra menjelaskan tata kelola baru Universitas Udayana yang membuat S-2 Kajian Pariwisata dan Program Doktor Pariwisata akan bernaung di bawah Fakultas Pariwisata, tidak akan lagi di bawah Pascasarjana seperti selama ini.

Menikmati hidangan bersama, mengenang memori.

Menikmati hidangan bersama, mengenang memori.

Ketua Program Studi S-2 Kajian Pariwisata, Prof. I Nyoman Darma Putra menyampaikan ucapan terima kasih karena walaupun hujan deras tetapi semangat alumni dan mahasiswa begitu kompak sehingga acara berjalan dengan lancar dan penuh keriangan.

Mempersiapkan acara bersama: dari oleh dan untuk Alumni.

Mempersiapkan acara bersama: dari oleh dan untuk Alumni.

Darma Putra menegaskan tema rueni dan HUT agar alumni dan civitas akademika S-2 Kajian Pariwisata terus mampu memperkuat persahabatan bahkan rasa kekeluargaan sebagai sesama alumni S-2 Pariwisata untuk mendukung karier dan kemajuan almamater.

Wakil alumni Dr. Ni Made Eka Mahadewi memberikan sambutan dengan menyampaikan rasa terima kasih kepada lembaga dan dosen yang telah memberikan pendidikan sehingga lahir alumni yang memiliki karier yang baik.

Dr. Ni Made Eka Mahadewi, M. Par.

“Atas nama alumni kami berterima kasih telah bisa belajar mengetahui ilmu pariwisata lebih baik,” ujar dosen STP Nusa Dua yang juga dosen di S-2 Kajian Pariwisata Unud ini.

Reuni penuh suka cita.

Acara yang dimulai sekitar pk. 15.30 diisi dengan hiburan lagu-lagu kenangan dan penyerahan hadiah  dan berakhir pk. 20.30.  Hujan sudah reda.

Hujan reda saat acara dimulai.

Hujan reda saat acara dimulai.