Penjajakan Pengabdian pada Masyarakat Prodi S-2 Kajian Pariwisata ke Desa Kerta, Payangan, Gianyar

Ketua Panitia Pengabdian Dr. I Nyoman Sudiarta (kanan), Kades Kerta Made Gunawan,M.Par., dan Nyoman Kariana,S.Sos. saat melaksanakan penjajakan, 10 Agustus 2017.

Ketua Panitia Pengabdian pada Masyarakat Prodi S-2 Kajian Pariwisata, Fakultas Pariwisata Unud, Dr. I Nyoman Sudiarta didampingi oleh I Nyoman Kariana,S.Sos. melaksanakan penjajakan ke Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Kamis, 10 Agustus 2017.

Mereka bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Desa I Made Gunawan,M.Par. untuk persiapan pelaksanaan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di desa tersebut yang akan dilaksanakan Sabtu, 2 September 2017.

Gunawan adalah alumni Prodi Kajian Pariwisata ( Klick Gunawan ) dan beliau siap membantu dan melancarkan kegiatan pengabdian.

“Kami baru membuka Kebun Raya di Desa, bantuan dari kampus untuk tips-tips pengelolaan daya tarik wisata baru ini tentu sangat kami harapkan,” ujar Made Gunawan.

Pengabdian akan dilaksanakan dalam waktu tiga minggu ke depan namun dari sekarang sampai saat pelaksanaan, tim pengabdian yang diketuai oleh Dr. Sudiarta melakukan identifikasi berbagai masalah untuk dibahas dan dicarikan solusi sesuai dengan kondisi lapangan.

Kebun jeruk di Desa Kerta.

“Sambutan Pak Kades baik sekali, kami bersemangat. Semoga ada hal positif yang bisa kita kontribusikan untuk kemajuan pariwisata Desa Kerta,” tutur Nyoman Sudiarta.

Desa Kerta memiliki banyak potensi untuk agrowisata, udara desa ini sejuk, berdekatan dengan Kintamani. Karena berada dalam jalur wisata Kintamani, potensi wisatanya lebih berpeluang untuk dikembangkan. Terlebih sekarang ini Desa Kerta memiliki Kebun Raya, sebagai tempat rekreasi baru.

Hadirnya Kebun Raya Gianyar di Desa Kerta membuat Bali kini memiliki dua Kebun Raya, satu lagi adalah di Bedugul, juga daerah sejuk.

Papan Kebun Raya Gianyar di Desa Kerta.

Dalam pengabdian ini, Prodi Magister Kajian Pariwisata akan melibatkan dosen, mahasiswa baru dan lama, serta alumni.

Menurut Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata, Prof. I Nyoman Darma Putra, untuk tahun ini prodi menerima 45 mahasiswa baru.

“Diperkirakan peserta yang iktu pengabdian mencapai 80 orang,” ujar Darma Putra. (dp)