Matrikulasi Prodi Magister (S2) Pariwisata Universitas Udayana

Matrikulasi Program Studi Magister (S2) Pariwisata  Universitas Udayana berlangsung sumringah yang diikuti oleh lima puluh mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia.  Matrikulasi yang dilaksanakan di Gedung Pasca Sarjana Universitas Udayana dari tanggal 27 Agustus sampai 1 September 2018 dibuka oleh  Dekan Fakultas Pariwisata Univesitas Udayana, Dr. I Nyoman Sunarta, M.Si.

Koprodi Program Studi Magister (S2) Pariwisata  Universitas Udayana, Dr. I Gusti Ayu Oka Suryawardani, Ph.D mengatakan bahwa peminat masyarakat untuk melanjutkan studi di Program Studi Magister (S2) Pariwisata Universitas Udayana sangat tinggi, terbukti dari terisinya kapasitas yang tersedia.  Tahun-tahun sebelumnya daya tampung Studi Magister (S2) Pariwisata  Universitas Udayana maksimum 40 mahasiswa. Mulai tahun 2018, Koprodi meningkatkan daya tampung menjadi 50 mahasiswa dan ternyata peminatnya melebihi kapasitas yang tersedia yaitu sejumlah 80 mahasiswa sehingga sebanyak 30 mahasiswa yang terdaftar tidak dapat bergabung dengan Prodi Magister (S2) Pariwisata  Universitas Udayana.  Koprodi berharap agar mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya tepat waktu sehingga predikat terakreditasi A dapat dipertahankan di masa mendatang.

Topik-topik yang disampaikan dalam Matrikulasi tersebut adalah:

  1. Mono-dan Multi-disiplin : Perkembangan Pariwisata sebagai Ilmu (Prof. Dr. I Komang Gde Bendesa, M.A.D.E.)
  2. Isu-isu Terkini Pariwisata Nasional dan Global (Ir. Agung Suryawan Wiranatha, MSc., Ph.D)
  3. Pariwisata dan Ilmu Humaniora (Prof. Dr. I Wayan Ardika, MA.)
  4. Pariwisata dan Planologi (Prof. Dr. Ir. Syamsul Alam Paturusi, MSP)
  5. Pariwisata dan Ilmu Ekonomi (Dr. Putu Saroyeni Piartrini, SE., Ak., MM.)
  6. Kiat Penulisan di Jurnal Ilmiah dan Pengenalan Jurnal JUMPA (Prof. Dr. Nyoman Darma Putra, M.Litt.)
  7. Pengelolaan Jurnal JUMPA Prodi Magister (S2) Pariwisata Universitas Udayana (Gde Indra Baskara, M.Sc., Ph.D).

Dalam matrikulasi tersebut juga dibahas rencana Study Tour ke Bangkok pada Semester kedua bulan Februari-Maret 2019 yang merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Prodi Magister (S2) Pariwisata  Universitas Udayana.  Rombongan Study Tour akan dipimpin oleh Ir. Agung Suryawan Wiranatha, MSc., Ph.D.

Matrikulasi diakhiri dengan penjelasan tentang Kunjungan Lapangan dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Dr. Ida Bagus Gde Pujaastawa, M.A.  Rencana kunjungan lapangan adalah ke Daya Tarik Wisata Alas Kedaton yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2018 yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen Program Studi Magister (S2) Pariwisata  Universitas Udayana.