Library of Congress Cari Terbitan Buku dan Jurnal S-2 Kajian Pariwisata Unud

DSC_0460

Kaprodi dan Sekretaris Prodi S-2 Kajian Pariwisata I Nyoman Darma Putra (baju putih) dan Syamsul Alam Paturusi menerima perwakilan Arifin Pramono dari Library of Congress Amerika kantor di Jakarta (Foto Nyoman Kariana)

Dua orang perwakilan dari Library of Congress yang berkedudukan di Jakarta mengunjungi Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud untuk mendapatkan terbitan buku dan jurnal untuk memperkaya koleksi perpustakaan Library of Congress, Washington DC, Amerika.

Kedua perwakilan itu, Arifin Pramono ( Acquisition Specialist) dan Nina Kania Dewi (Library of Congress Overseas Office), datang berkunjung ke Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud, Senin, 25 Juli 2016. Mereka diterima Kaprodi dan Sekretaris Prodi S-2 Kajian Pariwisata I Nyoman Darma Putra dan  Syamsul Alam Paturusi.

Enam Belas Buah

Dalam kunjungan itu, Arifin dan Nina menerima enam belas kopi buku dan jurnal terbitan Prodi S-2 Kajian Pariwisata. Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud menerbitkan JUMPA (Jurnal Master Pariwisata) dan dua buku baru tentang kepariwisataan (Klick DUA BUKU).

Untuk JUMPA diambil empat edisi, sejak edisi pertama terbit Juli 2014, masing-masing satu kopi. Untuk buku pariwisata dikoleksi dua judul masing-masing enam kopi.

Kedua buku itu adalah Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali (2015) disunting oleh I Nyoman Darma Putra dan Recent Development in Bali Tourism: Culture, Heritage, and Landscape in an Open Fortress (2015) disunting oleh I Nyoman Darma Putra dan Siobhan Campbell (Australia).

Publikasi dari Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud dikenal karena banyak beredar di internet atau sosial media. “Kami memang tertarik akan buku-buku tentang Bali, tentang budaya dan pariwisata,” ujar Arifin.

Selama di Bali, Arifin dan Nina juga mengunjungi pusat penerbit lain yang buku-bukunya langka dan tidak dijual umum tetapi penting dan menarik.

DSC_0458

Arifin Pramono, Acquisition Specialist, Library of Congress- Southeast Asia, berkantor di Jakarta, saat berkunjung ke Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud (Foto Nyoman Kariana)

Jutaan Koleksi Buku

Menurut Arifin, Library of Congress yang sudah berusia sekitar 150 tahun memiliki sekitar 150 juta judul terbitan. “Berarti perpustakaan ini mengoleksi sekitar 1 juta judul per tahun,” ujar Arifin.

Buku dan terbitan itu dikumpulkan dari seluruh dunia. Dari Indonesia sendiri, perwakilan di Jakarta melakukan pengiriman buku dua kali seminggu, setiap Selasa dan Jumat, sekitar 7000 judul per tahun.

Petugas-petugas akuisisi, pemburu buku dan terbitan di berbagai negara termasuk di Indonesia selalu berusaha mendapatkan terbitan yang layak untuk dikoleksi di Library of Congress.

Library of Congress berlokasi di Washintong DC, merupakan perpustakaan resmi Kongres Amerika dan juga menjadi perpustakaan nasional.

Menurut Darma Putra adalah kebanggaan tersendiri jika buku dan publikasi S-2 Kajian Pariwisata Unud dicari untuk koleksi perpustakaan kelas dunia. Sebelumnya, melalui jalur lain, terbitan S-2 Pariwisata sudah dipesan untuk perpustakaan lain seperti yang ada di Australia dan Belanda (*).