Kuliah Lapang Magister Pariwisata Unud ke Desa Wisata Kemiren Osing Banyuwangi 19-21 April 2019.

Dua puluh mahasiswa Magister Pariwisata UNUD melakukan Kuliah Lapang (field study) Sosiologi Pariwisata ke Desa Wisata Kemiren Osing Banyuwangi dari tanggal 19 sampai 21 April 2019 didampingi pembimbing Dr. I Ketut Surya Diarta, MA.

Kuliah lapang ini didesain untuk memberikan wahana belajar dan pengalaman empiris dalam menyandingkan teori sosiologi pariwisata dengan kondisi empiris di lapangan sehingga mahasiswa memiliki pengalaman dan kemampuan analitis yang cukup dalam memotret entitas sosial dalam kaitannya dengan pariwisata. Terlebih. Kemiren merupakan salah satu desa adat yang cukup berhasil dikembangkan sebagai desa wisata sehingga menjadi wahana sangat baik sebagai laboratorium sosial selain desa adat di Bali yang sudah banyak dikembangkan sebagai desa wisata.

Rombongan diterima oleh Ketua Adat Desa Kemiren dan Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kemiren yang dilanjutkan dengan diskusi menarik dan mendalam mengenai peran tokoh masyarakat dalam perekayasaan sosial pengembangan desa wisata, interaksi tradisionalitas dan modernisasi serta perubahan sosial yang terjadi, dan  model pendekatan pengembangan desa wisata yang dilakukan di Desa Wisata Kemiren Osing.

Selepas diskusi, rombongan mahasiswa berkeliling menikmati atraksi wisata yang dikelola Desa Wisata Kemiren sambil diskusi diantar ketua dan anggota Pokdarwis. Beragam atraksi yang disediakan berupa Angklung Paglak, Barong Ider Bumi Osing, musik lesung, rumah adat Osing, pakaian tradisonal Suku Osing, tradisi Tumpeng Sewu, tradisi kopi sepuluh ewu cangkir, Tari Gandrung, dan sistem perkawinan nyolong. Sedangkan event rutin adalah pasar ahad (minggu) yang sangat ramai pengunjung.

Seusai kuliah lapang selesai, esoknya rombongan menyempatkan diri melakukan pariwisata spiritual dengan sembahyang sebelum balik ke Kampus Sudirman yaitu di Pura Giri Mulyo dan Pura Candi Gumuk Kancil di Gunung Raung.