Kriteria 4-A dalam Agrowisata

Oleh Dewa Putu Bagus Pujawan Putra, Angkatan 2015

IMG_7230

Suasana Bagus Agro Pelaga (Foto Darma Putra)

Di pagi hari yang cerah, Jumat 28 Agustus 2015, kami rombongan mahasiswa pascasarjana Program Studi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana melakukan kunjungan ke Bagus Agro Pelaga yang terletak di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Bagus Agro merupakan agrowisata yang memiliki fasilitas yang memadai beserta dengan pemandangan hutan dan suhu udara yang sejuk pada ketinggian 950 mdpl. Berikut adalah hasil pengamatan penulis tentang Bagus Agro Pelaga, dengan meneropong kriteria 4-A sebuah daya tarik wisata.

Destinasi yang baik memiliki 4 kriteria (4A) berdasarkan pada Chris Cooper (1995:84-86), yakni attractions, amenities, access, anciliary services dan satu kriteria tambahan sebagai pelengkap yang menjadi inti dari pengambangan pariwisata itu sendiri menurut Nyoman Madiun (2008: 54), yakni community involvement.

Attraction

Bagus Agro Pelaga sesuai dengan konsepnya menawarkan pemandangan perkebunan yang ada di Bali pada jalur track yang sudah ditata.

Pengunjung dapat melihat aneka sayuran seperti seperti kubis ungu, selada, tomat ceri, terong susu, paprika serta buah pepaya dan koleksi bunga mawar. Para pengunjung juga akan diberikan pengetahuan tentang teknik berkebun yang dijelaskan oleh pemandu ataupun para pekerja. Disediakan pula area camping ground lengkap dengan gazebo bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di alam terbuka.

 Amenities

Jika Anda yang ingin bermalam dengan nyaman Bagus Agro memiliki 14 unit villa yang akan siap pada bulan Desember 2015, namun kali ini hanya 10 unit villa yang siap untuk ditempati dalam area Farm House yang memiliki luas 20% dari total luas Bagus Agro 18 hektar.

Restauran, bar serta meeting room disediakan di area terpisah dari farm house. Untuk fasilitas sanitasi cukup memadai namun sayangnya hanya terdapat satu tempat di area perkebunan yang luas, hal ini perlu diperhatikan terutama para pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas tersebut karena jaraknya cukup jauh dari area perkebunan.

IMG_7133

 Access

Perjalanan menuju Bagus Agro Pelaga dengan bus dari Denpasar memakan waktu 1 jam 30 menit dalam keadaan lalu lintas normal dengan infrastruktur jalan yang baik namun perlu ditingkatkan. Jaringan komunikasi tergolong baik karena smartphone penulis bisa mengakses jaringan 3G.

Untuk informasi via website sangat baik dengan tampilan yang bagus dan konten yang informatif serta mudah untuk diakses dalam mobile version.

Anciliary Services

Usaha Bagus Agro adalah salah satu dari perusahaan induk Bagus Discovery yang memiliki 11 perusahaan dan bergerak di bidang akomodasi (Puri Bagus Lovina, Puri Bagus Candidasa, Bukit Jati, Bagus Agro, Baliem Valley), perjalan wisata (Nusa Dua Bali Tours and Travel), transportasi (Seruni Transport) dan water sport (Baruna Marine Sport) yang semuanya bernaung pada organisasi pariwisata yakni GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) yang di dalamnya terdapat PHRI, ASITA, GAHASWARI, dan asosiasi lainnya untuk mengakomodir perkembangan industri pariwisata dengan peraturan pemerintah.

Community Involvement

Dari wawancara yang penulis lakukan dengan salah satu pegawai di perkebunan, mayoritas para pekerja adalah masyarakat lokal. Penulis sangat mengapresiasi hal ini namun dari keterangan yang penulis peroleh standar gaji masih dibawah UMK Badung 2015 dan para pekerja belum mendapat perlindungan kesehatan yang secara jelas telah disebutkan dalam PP No. 86 tahun 2013 di mana per tanggal 1 Juli 2015 setiap pemberi kerja wajib mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS.

Sekiranya hal ini diperhatikan mengingat nilai-nilai yang dianut perusahaan Bagus Discovery utamanya Bagus Agro Pelaga.

 Sumber:

Observasi dan wawancara penulis pada 28 Agustus 2015

Cooper, dkk. 1995. Tourism: Principles and Practice. Malaysia: Longman Group Ltd

Madiun, I Nyoman. 2008. Disertasi: “Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Kawasan Pariwisata Nusa Dua (Perspektif Kajian Budaya)”. Denpasar: UNUD

Website: www.bagusagropelaga.com

 Email penulis: noveb_smp@yahoo.co.id