Koprodi Dr. Made Adikampana: Mahasiswa S2 Pariwisata perlu Mengasah Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah

Koprodi Dr. Made Adikampana, S.T.,M.T.,  memperkenalkan narasumber , Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. dalam matrikulasi teknik penulisan artikel ilmiah dalam acara matrikulasi mahasiswa baru 2022.

Mahasiswa Prodi Magister Pariwisata sangat perlu mengasah kemampuan menulis artikel ilmiah untuk publikasi jurnal karena artikel merupakan syarat untuk kelulusan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kordinator Prodi (Koprodi) Magister Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Dr. I Made Adikampana, S.T.,M.T. dalam pengantar matrikulasi mahasiswa baru S2 Pariwisata, Rabu, 24 Agustus 2022, di Gedung Pascasarjana Unud.

Untuk tahun ajaran baru 2022/2023, Prodi S2 Pariwisata menerima 52 mahasiswa baru yang dibagi menjadi dua kelas: kelas pagi dan kelas sore. Mahasiswa baru berasal dari berbagaid aerah di Indonesia, seperti Labuan Bajo dan Maluku.

Sebelum perkuliahan dimulai awal September, mahasiswa baru mengikuti matrikulasi selama dua hari dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Desa Wisata Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar. Desa Kerta merupakan laboratorium atau desa binaan bagi Fakultas Pariwisata.

Pada hari pertama matrikulasi, mahasiswa baru S2 dan S3 Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud mendapat sajian materi dari dua pembicara keliber nasional yaitu Dr. A.A.G.N. Ari Dwipayana, dosen UGM yang sehari-hari menjabat sebagai Koordinator Juru Bicara Presiden Jokowi.

Satu lagi adalah narasumber Tantowi Yahya, mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, yang memiliki tempat tinggal di kawasan Sanur.

Penulisan Artikel
Menurut Made Adikampana, selain wajib lulus perkuliahan dan ujian tesis, mahasiswa S2 Pariwisata seperti halnya mahasiswa pascasarjana lainnya wajib mempublikasikan artikel di jurnal terakreditasi nasional dan jika bisa di jurnal internasional.

Koprodi Dr. Adikampana dan narasumber Prof. Darma Putra.

“Untuk mahasiswa S2 artikelnya mesti dipublikasikan di jurnal nasional akreditasi Sinta-2. Itu syaratnya,” ujar Adikampana.

Kalau mahasiswa memiliki nilai IPK 3,8 ke atas, mereka bisa tamat dengan predikat pujian (cumlaude) jika berhasil mempublikasikan artikel di jurnal terakreditasi Sinta-2.

Untuk memberikan pembekalan teknik penulisan artikel, Koprodi S2 Pariwisata mengundang Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. untuk memberikan teknik penulisan artikel dan seluk-beluk publikasi jurnal.

Apresiasi dari Koprodi Dr. Adikampana kepada narasumber Prof. Darma Putra.

Dalam presentasinya, Prof. Darma menyampaikan teknik menulis dengan “Si DIA”, yaitu deskripsi, interpretasi, argumentasi.

“Artikel yang baik harus berisi deskripsi yang rinci komprehensif, mengandung interpretasi, dan argumentasi yang merupakan pendapat penulis,” ujar Darma Putra, korprodi S-2 Pariwisata Pascasarjana Unud tahun 2014-2017, yang merintis publikasi jurnal JUMPA (Jurnal Master Pariwisata), terakrditasi Sinta-3.

Darma Putra juga mendirikan Jurnal Kajian Bali, terakreditasi Sinta-2, dan menulis hal ringan sebagai hobi di blog dasarbali.com .

Selain point teknik menulis dengan pendekatan “Si DIA”, Darma juga memberikan beberapa tips dan inspirasi dalam menulis, bagaimana menulis yang baik dan menarik, serta apa yang harus dihindari agar proses menulis lancar dan berhasil.

Kuliah matrikulasi yang berlangsung hampir 1,5 jam itu diwarnai dengan dialog dan tanya jawab yang dinamis.

Peserta matrikulasi.

“Tak hanya sekarang pencerahan dari Prof. Darma bisa kita simak, lain kali juga akan kita undang lagi untuk memperdalam atau mengasah keterampilan penulisan artikel ilmiah kita,” ujar Koprodi Dr. Adikampana (dp).