Kabar Alumni: Kerja Keras Menyambung Harapan jadi Kenyataan di S-2 Kajian Pariwisata Unud

Oleh Ni Made Riana Putri Satrigraha, Angkatan 2014

Riana (keempat dari kanan) berfoto bersama rekan-rekan Magister Kajian Pariwisata dan Prof I Nyoman Darma Putra (Kaprodi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana) serta bapak Syamsul Alam Paturusi (Sekretaris Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana).

Riana (keempat dari kanan) berfoto bersama rekan-rekan Magister Kajian Pariwisata dan Prof I Nyoman Darma Putra (Kaprodi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana) serta bapak Syamsul Alam Paturusi (Sekretaris Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana).

Ingatan saya kembali pada masa di mana cita-cita untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 masih berbentuk potongan-potongan harapan dan kenyataan antara ‘ya’ dan ‘tidak’, antara fokus bekerja dan mengurus keluarga dan mengabulkan keinginin diri untuk menempuh perkuliahan S2.

Diibaratkan sebuah potongan-potongan kisah yang tidak beraturan, yang ternyata dalam perjalanannya untuk menjadi sebuah kisah utuh diperlukan adanya pengorbanan dan kerja keras.

Ketika lulus S1 di Fakultas Hukum Universitas Udayana pada Agustus 2008 lalu, tidak pernah terpikirkan bahwa saya akan melanjutkan kejenjang Magister Program Studi Kajian Pariwisata.

Hati saya terpanggil untuk menuangkan pengetahuan dan kompetensi lebih mengenai pariwisata yang saya miliki kepada perusahaan tempat saya bekerja.

Saat ini saya sedang meniti karir di sebuah hotel sebagai Human Resources Manager, saya sadari betul tidak mudah untuk menjadi seorang HRM di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata, tidak hanya pengalaman bekerja saja yang diperlukan, namun juga pengetahuan serta kompetensi yang mumpuni.

Almamater kian Bermutu

Saya memilih Universitas Udayana untuk melanjutkan pendidikan S2, memang karena almamater. Selain itu, Universitas Udayana sekarang sudah mengalami kemajuan, terutama dari sisi SDM berkembang sangat pesat dan memiliki kualifikasi nasional maupun internasional.

Hal itu membuktikan bahwa Universitas Udayana sudah dikenal otomatis dari mutunya, dan tentunya akan berpengaruh juga terhadap kualitas para lulusan yang dihasilkan oleh Universitas Udayana.

Saat pertama masuk kuliah, saya merasa ada hal yang berbeda dari suasana perkuliahan S1 yang saya tempuh di Fakultas Hukum Universitas Udayana. Mulai dari suasana kampus, teman-teman bahkan para dosen, yang berasal dari berbagai disiplin ilmu yang membuat saya bisa belajar banyak hal.

Di kampus ini saya juga belajar bagaimana menjadi seorang mahasiswi yang lebih berpikiran dewasa dalam segala hal dan dapat berpikir dua arah. Di sinilah saya menemukan jati diri saya yang sebenarnya.

Saya sadari bahwa perjalanan saya dari merangkai potongan-potongan cita-cita dan harapan  hingga menjadi utuh dan mencapai kesuksesan seperti sekarang ini tidak luput dari peranan orang-orang disekitar saya, maka layaklah mereka untuk mendapatkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Untuk ayah dan ibu serta kedua mertua saya atas doa dan dukungannya baik dalam materi maupun semangat dan motivasi, untuk suami dan anak saya yang telah dengan setia mendampingi, memberikan semangat dan motivasi, serta pendengar segala keluh dan kesah selama menjalani studi S2 ini, untuk kakak dan adik saya atas doa, semangat serta teladannya sehingga memacu semangat saya dalam menyelesaikan studi ini.

Untuk Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt (Dosen Pembimbing Akademis sekaligus Ketua Program Studi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana) dan Bapak Dr. Ir. Syamsul Alam Paturusi, MSP atas dukungan, bimbingan dan kesabarannya dalam menyelesaikan studi S2 saya., untuk bapak Prof. Made Antara, MS (Dosen Pembimbing I tesis), untuk Bapak Dr. I Nyoman Madiun, M.Sc. (almarhum, Dosen Pembimbing II tesis), yang selanjutnya diteruskan oleh bapak Dr. Dewa Putu Oka Prasiasa, A.Par.,MM (Dosen Pembimbing II tesis) atas waktu dan kesabaran dalam memberikan bimbingan dan masukan serta motivasi kepada saya.

Untuk Bapak dan ibu dosen, rekan-rekan magister Kajian Pariwisata angkatan 2014, serta seluruh staf sekretariat Prodi Magister Kajian Pariwisata yang telah membantu hingga akhirnya saya menyelesaikan studi S2 ini dengan baik.

Terimakasih Almamaterku, Udayana Jayalah Engkau Selalu.

Email : rianaputrisatrigraha@yahoo.com