Kabar Alumni: Impian Terwujud setelah Menanti Enam Tahun

Oleh Ni Luh Putu Aristrawati, Angkatan 2013

Aristra (kiri) bersama narasumber untuk wawancara tesis.

Aristra (kiri) bersama Sugiani, Kasi Penyuluhan Wisata Dinas Pariwisata Kota Denpasar, salah satu narasumber untuk tesis.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan salah satu impian saya yang akhirnya terwujud setelah menunggu hampir enam tahun sejak saya menyelesaikan pendidikan S1 pada tahun 2007.

Saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2 dan diterima menjadi salah satu karyasiswa di Program Studi Kajian Pariwisata Universitas Udayana pada tahun 2013 setelah mengikuti serangkaian tes seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Adaptasi dengan Aktivitas Baru

Semester pertama merupakan masa adaptasi bagi saya dengan lingkungan baru dan berbagai kegiatan perkuliahan. Saya sedikit mengalami kesulitan ketika mengikuti awal perkuliahan karena proses perkuliahan yang sedikit berbeda dengan perkuliahan sewaktu di S1.

Melalui proses pembelajaran yang atraktif yang diberikan oleh dosen pengajar memudahkan saya untuk beradaptasi dan seiring berjalannya waktu, hal tersebut tidaklah menjadi masalah lagi.

Berbagai pengalaman menyenangkan saya peroleh selama mengikuti perkuliahan. Saya bertemu kembali dengan teman semasa SMA dan beberapa dosen pengajar yang dahulu pernah memberikan ilmunya pada saat saya menempuh pendidikan S1. Saya juga mendapatkan teman-teman baru dengan berbagai latar belakang pekerjaan seperti PNS, dosen serta teman-teman yang terjun langsung di bidang pariwisata.

Proses pembelajaran tidak hanya kami dapatkan di dalam ruangan kelas saja namun juga di luar kelas. Kami diberikan kesempatan untuk memperkaya pengetahuan mengenai budaya negara lain sekaligus memperkuat rasa kebersamaan antarteman seangkatan dengan melakukan study tour ke Korea Selatan pada bulan September 2014. Benar-benar pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Menyaksikan parade kesenian rakyat saat study tour ke Korea, September 2014.

Menyaksikan parade kesenian rakyat saat study tour ke Korea, September 2014.

Penyusunan Tesis

Penyusunan tesis merupakan tahap akhir yang harus diselesaikan oleh seluruh karyasiswa setelah melalui proses perkuliahan selama tiga semester. Pemilihan topik yang akan dijadikan sebagai objek penelitian tentunya memerlukan proses yang panjang dan tidak mudah.

Kami telah diberikan gambaran mengenai topik-topik penelitan serta proses pengerjaan tesis sejak semester pertama melalui mata kuliah metodelogi penelitian dan lebih diperdalam lagi pada mata kuliah seminar yang ditempuh pada semester tiga.

Kami juga harus banyak membaca artikel baik dalam maupun luar negeri serta hasil penelitian sebelumnya untuk mendapatkan ide mengenai topik penelitian. Saya akhirnya memilih topik parade ogoh-ogoh di kota Denpasar sebagai pendukung pariwisata budaya di kota Denpasar.

Pemilihan parade ogoh-ogoh di Kota Denpasar sebagai topik penelitian saya pada awalnya agar lebih mudah dalam memperoleh data. Parade ogoh-ogoh sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi tempat saya bekerja yakni Dinas Kebudayaan Kota Denpasar.

Selain itu, dengan membaca berbagai berita yang ada di koran maupun di internet serta melihat secara langsung fenomena yang terjadi, ternyata banyak hal yang menarik yang dapat saya teliti mengenai parade ogoh-ogoh di Kota Denpasar.

Mengingat waktu penelitian saya di lapangan bertepatan dengan liburan akhir tahun dan suasana tahun baru, saya cukup kesulitan ketika mencari travel agent yang menjual paket wisata ogoh-ogoh untuk dijadikan narasumber. Ditambah lagi kurangnya pengetahuan saya mengenai nama-nama jalan di seputaran Kota Denpasar sehingga saya harus bolak-balik melewati jalan yang sama untuk mendapatkan alamat travel agent yang dituju.

Berbeda halnya dengan narasumber baik yang berasal dari unsur pemerintah, tim juri, seniman, budayawan maupun sekaa teruna (organisasi pemuda). Saya tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan data penelitian karena mereka sangat ramah dan terbuka dalam memberikan informasi yang saya perlukan.

Proses penyusunan tesis merupakan masa-masa yang memerlukan semangat juang yang tinggi baik fisik maupun pikiran. Syukurlah berkat anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa serta dorongan, arahan, dan bimbingan dari Pak Prof Darma dan Pak I.B.Pujaastawa selaku pembimbing I dan II serta masukan dari para dosen penguji Pak Prof Kutha Ratna, Prof Ardika dan Pak Dr.Mudana, akhirnya saya dinyatakan lulus ujian tesis.

Bersama Kita Bisa

”Bersama kita bisa” merupakan kata-kata inspiratif dari Putu Ivan Krishnanda Putra, teman angkatan sekaligus korti kelas kami yang telah pergi mendahului kami. Kata-kata inilah yang selalu menjadi motivasi dan semangat kami semua khususnya bagi saya agar dapat menyelesaikan studi tepat waktunya.

Berfoto bersama teman-teman Angkatan 2013, termasuk Ivan.

Berfoto bersama teman-teman Angkatan 2013, termasuk Ivan yang duduk mengacungkan dua ibu jari, saat berkunjung ke Pulau Menjangan, Bali Barat. Kunjungan ini dilaksanakan seusai matrikulasi mengawali perkuliahan.

 

Selama mengikuti perkuliahan sampai lulus berbagai perubahan telah saya rasakan baik dari segi pengetahuan dan keterampilan, kerjasama maupun rasa kebersamaan dengan teman. Berkesempatan untuk menempuh studi di S2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana merupakan pengalaman yang sangat berharga dan bersyukur kini impian tersebut telah terwujud. ***

Email: putu.ristra@gmail.com