Kabar Alumni: Dari Pengalaman Kerja Menulis Tesis Ihwal Buah Lokal

Oleh Diah Adelianie, Angkatan 2013

Bersama kawan-kawan saat tur ke Korea, 2014. Penulis di depan dengan scarf ungu.

Bersama kawan-kawan saat tur ke Korea, 2014. Dari kiri ke kanan: Dewiyanti, Herawati, Diah Adelianie (penulis, scarf ungu), Aras Kembang, Dyah Damayanti, Asta Panca (laki-laki), Luh Sri , Ayu Nusantini (paling depan, kanan).

Keterbatasan waktu bukan penghambat menjadi tahu lebih banyak…

Saat seseorang telah bekerja terkadang memiliki perasaan enggan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, fenomena yang sering terjadi ini tidak menyurutkan keinginan saya untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Syukurlah, pengalaman kerja di hotel berurusan dengan buah lokal di food and beverage menyediakan inspirasi penelitian untuk menulis tesis. Dari pengalaman kerja dan riset ini saya merasa mendapat pengetahuan dan wawasan baru.

Setelah menyelesaikan pendidikan D4 Manajemen Bisnis Pariwisata di Politeknik Negeri Bali, saya memilih untuk melanjutkan ke Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana pada tahun 2013. Saat itu saya masih bekerja sebagai FB Secretary pada sebuah hotel berbintang di kawasan Sanur.

Hambatan yang sering terjadi biasanya sulitnya mengatur waktu kerja/ shift. Akan tetapi, pentingnya ilmu yang didapat di kampus juga dapat menambah pengetahuan di samping pengalaman yang terjadi secara langsung di lapangan.

Saat proses pembelajaran di kampus, dosen-dosen sangat membantu membuka pikiran saya tentang apa yang terjadi di dunia pariwisata ke depan dengan kajian teori yang dibantu dengan saling bertukar pikiran dengan teman-teman sekelas.

Suatu tantangan untuk mengikuti kuliah sore biasanya sepulang kerja dari hotel langsung kuliah yang hanya 4x dalam seminggu, sisanya saya dapat menambah pengetahuan dengan mengunjungi perpustakaan pascasarjana yang buka sampai malam.

Pengetahuan di lapangan memang penting akan tetapi ilmu secara kajian teori + ilmu di lapangan akan sangat membantu menuju pengetahuan yang lebih komprehensif.

Tidak menjadi halangan seorang yang bekerja dalam industri pariwisata semisal di hotel seperti saya bisa kuliah dan lulus tepat waktu dengan nilai cumlaude. Setiap hambatan bukan menjadi rintangan yang menghambat perkembangan kita tetapi justru harus dijadikan tantangan untuk maju.

Penelitian Food and Beverage

Latar belakang dalam bidang food and beverage membawa saya untuk membuat suatu penelitian tentang buah lokal.

Buah lokal yang dianggap biasa membawa efek yang sangat besar seperti dengan ketergantungan kita menggunakan buah import akan merugikan petani lokal dalam hal banyaknya buah busuk akibat tidak laku terjual, mengkonsumsi buah import juga tidak baik untuk kesehatan karena buah import yang beredar mengandung zat pengawet agar tetap terlihat fresh dan menarik walaupun alur distribusi yang panjang.

Penyajian buah lokal di hotel juga sebagai promosi kepada wisatawan dalam penyajian fruit basket, sajian saat breakfast, dessert, campuran juice dan welcome drink. Hotel-hotel berbintang di kawasan Sanur dominan menggunakan buah lokal dibandingkan buah import, peredaran buah import dominan saat ada request dari tamu misalnya saat event wedding atau gala dinner.

Permasalahan yang terjadi, buah lokal yang bergantung pada musim dan saat musimnya pun terkadang susah dicari dikarenakan buruknya cuaca yang dapat menghambat ketersediaan buah lokal dan buah lokal yang cepat busuk.

 buah lokal1

Sajian buah lokal di hotel.

Penyajian buah lokal pada menu appetizer dan fruit basket pada hotel berbintang di kawasan Sanur.

Penggunaan buah lokal justru banyak dikonsumsi di rumah tangga sebagai pelengkap upacara agama hindu seperti membuat gebogan maupun banten lainnya. Alasan penggunaan buah import disebabkan oleh warna buah import yang menarik, tidak tergantung pada musim dan ketersediaan yang stabil dipasaran walaupun harga buah import lebih mahal tetap dibeli yang terkadang demi image suatu golongan.

Hambatan Tesis

Hambatan dalam penyusunan tesis ada pada merangkai kalimat yang harus saling berkaitan. Teori atau kajian yang ada harus dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.

Hambatan itu bisa saya selesaikan berkat bantuan para dosen seperti Bapak Prof. Darma selaku Ketua Prodi Magister Kajian Pariwisata, Bapak Prof Wirawan dan Bapak Madiun selaku pembimbing tesis. Kritikan dan saran dari dosen penguji lainnya juga sangat menolong membuka wawasan sehingga uraian dalam tesis bisa lebih terangkat bobotnya.

Kegiatan kampus

Kegiatan kampus selama dua tahun dengan teman-teman dari bidang berbeda yang sudah seperti keluarga dimulai dari matrikulasi, bakti sosial hingga perjalanan study tour ke Korea Selatan.

Banyak pengalaman yang diamati secara langsung dari segi sosial budaya hingga perkembangan korea selatan. Banyaknya pengetahuan yang belum maksimal saya dapatkan selama bekerja di hotel saya dapatkan dari semua dosen di Magister Kajian Pariwisata Unud tentang pengetahuan sosial budaya pariwisata, perencanaan perkembangan pariwisata hingga teknik penulisan karya ilmiah.

Terima kasih untuk seluruh dosen dan staff pegawai yang telah membantu selama perkuliahan.

 Email: diahadelianie@gmail.com