Empat Alumi Magister Kajian Pariwisata Unud Lulus Seleksi Dosen Poltekpar Negeri Lombok

Foto kami

Inilah keempat alumni Prodi Magister Kajian Pariwisata Unud yang lulus seleksi dosen Poltekpar Negeri Lombok. Dari kiri: Kertajadi, S.ST.Par., M.Par., MHLTr., Murianto, S.ST.Par.M.Par. , Wahyu Khalik, S.ST.Par., M.Par., Anas Pattaray, S.Sn., M.Par.

Empat alumni Program Studi Magister Kajian Pariwisata Unud dinyatakan lulus dalam seleksi dosen Politektik Pariwisata (PoltekPar) Negeri Lombok.

Mereka lulus seleksi di antara 24 orang tenaga pengajar Poltekpar Negeri Lombok yang baru berdiri.

Keempat alumni tersebut adalah  Kertajadi, S.ST.Par., M.Par., MHLTr., Murianto, S.ST.Par., M.Par., Wahyu Khalik, S.ST.Par., M.Par., dan Anas Pattaray, S.Sn., M.Par.

Seleksi tenaga pengajar dan kependidikan Politeknik Pariwisata Negeri Lombok berlangsung 14 dan 16 Juni 2016, diikuti oleh 154 orang peserta PNS dan non-PNS lulusan D3, S1 dan S2 semua jurusan.

Peserta yang mengikuti tahapan tes tulis dan wawancara adalah peserta yang di nyatakan lulus seleksi administrasi.

Seleksi tersebut dilaksanakan langsung oleh kepanitian dari Kementrian Pariwisata. Dari jumlah 154 orang peserta, 85 orang peserta tenaga pengajar dan 69 orang peserta tenaga kependidikan.

Pada tahapan tes tulis dan wawancara, tersaring 24 orang tenaga pengajar dan 17 orang tenaga kependidikan.

Prestasi yang dicapai lulusan S-2 Kajian Pariwisata sungguh mengagumkan sekaligus penuh tanggung jwab. Mereka terpilih memperkuat Poltekpar Negeri Lombok sebagai tenaga pengajar perintis yang mengawali dalam mendidik mahasiswa pariwisata, mendukung pembangunan pariwisata Lombok.

Pelatihan di STP Nusa Dua Bali

Pada bulan Juli 2016 mendatang seluruh peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti micro teaching selama 2 minggu di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.

Kegiatan tersebut merupakan pembekalan terkait persiapan proses belajar mengajar Poltekpar Negeri Lombok pada tahun ajaran baru 2016/2017. 24 orang tenaga pengajar tersebut adalah dosen perintis sekaligus yang akan mengembangkan Poltekpar Negeri Lombok di masa yang akan datang.

Dalam 3 tahun ke depan, Poltekpar Negeri Lombok akan menggunakan gedung kantor Badan Kepegawaian Pemprov NTB.

Poltekpar Lombok kini menunggu pembangunan gedung sendiri yang akan dibangun oleh Kementerian Pariwisata berlokasi di Lombok Tengah dengan luas lahan sekitar 20 hektar.

Dengan 3 jurusan yang dibuka antara lain D4 Pengaturan Perjalanan, D3 Seni Kuliner, D3 Tata Hidang dan D3 Divisi kamar, PoltekPar Negeri Lombok akan mencetak sumber daya manusia pariwisata yang mumpuni di NTB.

Sebelumnya Sudah Bekerja

Keempat alumnus tersebut sebelumnya sudah bekerja atau mengabdi pada instani yang berbeda.

Anas Pattaray angkatan 2013 Kajian Pariwisata Unud sebelumnya telah bekerja sebagai PNS di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sumbawa Barat.

Kertajadi angkatan 2011, sebelumnya telah menjadi dosen di Universitas Mataram dan Vokasi Universitas Mataram.

Wahyu Kahlik dan Murianto angkatan 2012, juga telah mengajar di Akademi Pariwisata Mataram.

Di antara 24 tenaga pengajar yang telah dinyatakan lulus, 6 di antaranya PNS Pemprov dan Kab/Kota di NTB dan 18 non PNS. Keenam PNS tersebut selanjutnya akan alih status dan alih fungsi dari PNS daerah menjadi PNS Kemenpar.

Sementara yang non PNS bersedia menandatangani kontrak dan harus mendapat ijin dari instansi sebelumnya untuk menjadi tenaga pengajar pada Poltekpar Negeri Lombok.(*)