Dua Mahasiswa Prodi Kajian Pariwisata Unud Dapat Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Nonny dan Yudha, dua mahasiswa Prodi Magister Kajian Pariwisata Pascasajana Unud penerima beasiswa unggulan dari Kemendikbud.

Nonny dan Yudha, dua mahasiswa Prodi Magister Kajian Pariwisata Pascasarjana Unud penerima beasiswa unggulan dari Kemendikbud.

Kabar gembira datang dari dua mahasiswa baru Magister Kajian Pariwisata (MKP) 2016 yaitu Nonny Aji Sunaryo dan Yudha Eka Nugraha. Pekan ketiga September 2016 mereka dinyatakan lulus sebagai penerima Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan angkatan 2 tahun 2016.

Nonny dan Yudha berterima kasih kepada Kaprodi Magister Kajian Pariwisata Prof. I Nyoman Darma Putra yang memberikan rekomendasi untuk kelengkapan persyaratan pengajuan beasiswa. “Rekomendasi Kaprodi ikut memperkuat lamaran kami,” ujar Nonny dan Yudha tersenyum.

Keduanya juga menyampaikan terima kasih kepada Ida Ayu Ari Pradnyani dan staf Sekertariat Magister Pariwisata Universitas Udayana yang sudah membantu berupa dukungan baik moril dan materiil selama seleksi.

Profil Mereka

Yudha Eka Nugraha sebelumya menempuh pendidikan di Program Studi Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial – Universitas Indonesia, dan menamatkan studinya pada tahun 2014, kemudian lanjut bekerja dalam bidang marketing di salah satu perusahaan swasta dimana Yudha mendapat penghargaan sebagai the best marketer tahun 2015. Selanjutnya, demi mewujudkan cita-citanya untuk menjadi praktisi dan konsultan di bidang pariwisata, Yudha memilih untuk melanjutkan studi S2 pada tahun 2016.

Nonny Aji Sunaryo sebelumnya menempuh pendidikan di Program Studi Sarjana Pendidikan Tata Boga – Universitas Negeri Malang, dan tamat pada tahun 2015, semasa kuliah S1 dijalaninya sambil bekerja dan aktif mengikuti perlombaan, meskipun sibuk dengan kegiatannya, prestasi Nonny tidak menurun sehingga semasa kuliah S1 juga mendapatkan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Demi mewujudkan cita-cita Nonny sebagai dosen dan ilmuwan di bidang pariwisata Nonny kemudian memutuskan untuk melanjutkan studi S2 pada tahun 2016.

img_6225-copy

Nonny (mahasiswi kedua dari kiri baris depan) dan Yudha (tepi kanan tersenyum menghadap kamera) bersama kawan-kawan MKP 2016 saat berkunjung ke Warisan Budaya Dunia UNESCO Jatiluwih, Agustus 2016 (foto Darma Putra).

Tentang Beasiswa Unggulan

Program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berperestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai visi untuk melahirkan insan cerdas dan kompetitif yang dapat berkontribusi kepada daya saing bangsa dengan melanjutkan pendidikannya ke jenjang lanjutan mulai dari S1, S2, sampai dengan S3 di perguruan tinggi dalam, dan/atau luar negeri.

Beasiswa Unggulan ini berhak diikuti oleh guru, pegiat sosial, seniman, siswa/mahasiswa berprestasi, atlet dan juara tingkat nasional/internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, olah raga, serta pegawai/karyawan yang berprestasi. Komponen beasiswa dalam negeri yang diberikan mencakup enam hal; yaitu (1) biaya pendidikan, (2)biaya hidup, (3) biaya buku, (4) biaya buku, (5) biaya wisuda, (6) biaya asuransi, sedangkan komponen beasiswa luar negeri ditambah tiga hal yaitu; (1) biaya visa, (2) biaya kedatangan, dan (3) biaya transport tujuan studi.

Seleksi Beasiswa Unggulan Masyarakat Berperestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan dua kali sepanjang tahun dan bisa diikuti mahasiswa baru atau mahasiswa yang masih dalam masa studi.

Seleksi tersebut dilaksanakan dalam dua tahapan  yaitu seleksi administrasi, dan seleksi wawancara. Info lebih lanjut  tentang beasiswa ini silakan mengunjungi link berikut http://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.