Dili Institute of Technology Berkunjung ke Prodi Pariwisata Unud

Dit 1

Sekretaris Program Doktor Pariwisata Unud Dr. AAP Suryawan Wiranatha,M.Sc. menerima kenang-kenangan dari Rektor Dili Institute of Technology, Manuel Vong,Ph.D. dalam anjangsana akademik, Rabu,16 September 2015 (Foto Darma Putra)

Sekitar 60 mahasiswa Fakultas Pariwisata Dili Institute of Technology, Timor Leste, mengadakan kunjungan akademik ke Universitas Udayana, Rabu, 16 September 2015.

Rombongan yang dipimpin oleh Rektor Dili Institute of Technology (DIT) Manuel Vong, Ph.D. itu disambut bersama oleh Dekan Fakultas Pariwisata, Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata, dan Sekretaris Program Doktor Pariwisata Unud.

Suasana anjangsana alademik DIT ke Unud.

Suasana anjangsana akademik DIT ke Program Pariwsata di Universitas Udayana (Foto Darma Putra)

Acara anjangsana akademik itu dimoderatori oleh Sekretaris Program Doktor Pariwisata Unud, Dr. AAP Suryawan Wiranatha,M.Sc., yang sudah akrab dengan Rektor DIT karena sebelumnya pernah berjumpa dalam seminar pariwisata internasional di Algarve, Portugal.

Acara diawali dengan perkenalan DIT oleh Rektor Manuel Vong. Dia menjelaskan bahwa DIT merupakan perguruan tinggi swasta nirlaba di Timor Leste, salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di negeri itu.

DIT memiliki sejumlah program studi termasuk pertambangan/perminyakan, ekonomi dan binis, serta pariwisata. Untuk pariwisata, ada dua program studi yaitu Tour and Travel dan Hospitality.

“Beberapa staf kami sedang menempuh program pascasarjana di Unud,” ujarnya bangga.

Rektor DIT, Manual Vong,Ph.D. (foto Darma Putra)

Rektor DIT, Manuel Vong,Ph.D. (Foto Darma Putra)

DIT dan Unud sudah memiliki MoU (Memorandum of Understanding). “Kami sudah memiliki perjanjian kerja sama dengan Unud, namun kunjungan bertatap muka langsung tetap perlu dan menggembirakan,” ujar Manuel Vong, yang pada pagi harinya sempat menghadiri ujian promosi doktor Prodi Doktor Universitas Udayana.

Pada kesempatan menghadiri ujian terbuka itu, Manuel Vong mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan kepada promovendus yang sedang diuji. Pertanyaannya ikut menambah kualitas suasana ujian menjadi lebih baik.

Ke depan, Rektor Manuel Vong berharap kerja sama dengan Undu di bidang pendidikan dan riset serta perencanaan bisa ditingkatkan untuk kemajuan pariwisata kedua negara.

Profil Program Studi

Pihak tuan rumah satu per satu menjelaskan profil program studi amsing-masing, mulai dari Dekan Fakultas Pariwisata Drs. I Made Sendra,M.Si, yang menjelaskan berbagai program studi di Fak Par Unud, serta sebaran alumninya.

“Fakultas Pariwisata sudah digagas sejak tahun 1980-an, mulai dari diploma dan program studi namun baru tahun 2008 menjadi Fakultas jenjang S-1 menyusul dengan diakuinya oleh pemerintah Indonesia pariwisata sebagai ilmu,” ujar Made Sendra.

Profil Prodi S-2 Kajian Pariwisata dipaparkan oleh Kaprodi Prof. Darma Putra. Dia menjelaskan bahwa prodi S-2 Kajian Pariwisata rata-rata menerima 40 mahasiswa setiap tahun, termasuk beberapa dari Timor Leste.

“Latar belakang akademik dan asal mahasiswa berbeda-beda membuat diskusi-diskusi di kelas selalu menarik dengan berbagai kasus,” ujar Darma.

Sementara itu, Sekretaris Prodi Doktor Pariwisata Unud, Dr. AAP Suryawan Wiranatha,M.Sc. menyambut kehadiran tamu dari DIT dan mendorong di antara mereka untuk melanjutkan pendidikan di program doktor di Unud. “Prodi Doktor Pariwisata Unud pertama kali hadir dengan akreditasi A,” ujarnya bangga.

Tanya Jawab

Acara dilanjutkan dengan tanya-jawab dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Tetum (Bahasa nasional Timor Leste). Dalam tanya jawab itu, ada yang menanyakan bagaimana resep Bali mengembangkan daerahnya menjadi daya tarik wisata yang populer dan kuat.

Pertanyaan lain tentang kontribusi pariwisata pada pendapatan domestik regional bruto (PDRB) dan ihwal kurikulum program studi yang berkaitan dengan destinasi wisata dan hospitalitas.

Akhir kunjungan ditandai dengan penyerahan cenderamata, dari Timor Leste menyerahkan kalung kain, sedangkan Prodi S-2 Kajian Pariwisata menyerahakn dua eksemplar JUMPA (Jurnal Master Pariwisata) Unud. (*)