Diah Sastri, Lulusan Magister Pariwisata Predikat Cum Laude Mewakili Calon Wisudawan Memberikan Sambutan dalam Yudisium Pascasarjana Unud

IMG_0672

Diah Sastri Pitanatri dan Kaprodi Magister Kajian Pariwisata sekaligus pembimbing tesis Prof. I Nyoman Darma Putra.

Lulusan Prodi Magister Kajian Pariwisata, Putu Diah Sastri Pitanatri, tampil sebagai satu dari tiga lulusan cum laude dalam jajaran lulusan master dan doktor Program Pascasarjana Unud, yang diyudisium Selasa, 23 Agustus 2016. Sebanyak 174 lulusan master dan doktor dilepas Direktur Pascasarjana Unud Prof. AA Raka Sudewi bersama Asdir I Prof. Made Budiarsa dan Asdir II Prof. Made Sudiana Mahendra, sembilan di antaranya dari Prodi Magister Kajian Pariwisata.

Kesembilan alumni Prodi Magister Kajian Pariwisata  yang lulusan kali ini adalah tujuh orang dari angkatan tahun 2014 yaitu  Syul Rosli Sanam, Srilian Laxmiwaty Dai, Putu Diah Sastri Pitanatri, Gde Bagus Brahma Putra, Daniel Pandu Mau, I Gede Sunarjaya, I Gede Anom Sastrawan, dan masing-masing satu orang dari  angakatan 2012 Bagus Putu Wahyu Nirmala dan angkatan 2013 yaitu Ni Made Dewiyanti.

Bersama lulusan sarjana dari berbagai fakultas, mereka (akan) mengikuti upacara wisuda Unud di kampus Bukit, Sabtu, 27 Agustus 2016.

Sebagai mahasiswa lulus cum laude, Diah Sastri mendapat kehormatan untuk menyampaikan sambutan mewakili lulusan master dan doktor.

Diah Sastri adalah dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua. Menurut Kaprodi Magister Kajian Pariwisata Prof. Darma Putra, Diah Sastri adalah mahasiswa yang cerdas, rajin, dan memiliki semangat tinggi untuk maju.

“Tesisnya bagus sekali, inovatif, dan kami akan terbitkan sebagai buku,” ujar Darma Putra yang sekaligus adalah pembimbing tesis Diah Sastri. Diah Satri menulis tesis tentang perkembangan kuliner Bali di Ubud sebagai daya tarik wisata yang memperkuat atribut Ubud sebagai destinasi wisata budaya.

Sebagian kecil dari temuan tesis putri pertama dari Prof. I Gde Pitana ini sudah dipublikasikan dalam artikel yang dimuat di jurnal JUMPA berjudul    “Inovasi dalam Kompetisi: Usaha Kuliner Lokal Menciptakan Keunggulan Kompetitif di Ubud” (http://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/23026 )

DSC_0619

Delapan dari sembilan lulusan Magister Kajian Pariwisata yang diwisuda 27 Agustus 2016. Dari Kiri: Gde Bagus Brahma Putra, I Gede Sunarjaya, Ni Made Dewiyanti, Syul Rosli Sanam, Srilian Laxmiwaty Dai, Putu Diah Sastri Pitanatri, Daniel Pandu Mau, I Gede Anom Sastrawan (Foto Nyoman Kariana).

Petikan Sambutan Diah Sastri

Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan-lah saya mewakili rekan-rekan calon wisudawan mengucapkan rasa terima kasih yang begitu mendalam kepada seluruh civitas academia program pascasarjana Universitas Udayana. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan bimbingan Bapak Ibu sekalian.

Terima kasih untuk segenap pimpinan universitas, program, fakultas dan Bapak-Ibu dosen yang telah membimbing kami dengan tulus, mentransfer ilmu dan pengetahuan untuk kami semua, membantu mengembangkan potensi kami dan mengantarkan kami menjadi insan akademik yang lebih baik.

Kami menyadari bahwa selama menempuh pendidikan di lembaga ini tentunya banyak kesalahan yang telah kami lakukan dalam ber4ndak, berkata dan bersikap, baik yang sengaja maupun tidak sengaja. Untuk itu dalam kesempatan ini ijinkanlah kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak.

Kepada Bapak Ibu dosen yang mengampu kami selama menyelesaikan studi, terima kasih atas dedikasinya serta tugas-tugasnya yang banyak. Tugas-tugas tersebut ternyata merupakan “sangih” yang menjadikan pisau “laptop” kami semakin tajam.

Tanpa bermaksud untuk menyombongkan diri, berkat tugas-tugas tersebut, selama periode melaksanakan studi di program magister, tulisan saya telah lolos dan dipresentasikan pada lima konferensi internasional.

Beberapa tulisan juga tembus di jurnal lokal dan sedang tahap revisi di salah satu jurnal internasional. Bagi saya hal ini merupakan pencapaian yang tidak mungkin saya raih tanpa dukungan dan support dari Bapak Ibu sekalian.

Kami calon wisudawan, sangat bersyukur memilih Universitas Udayana sebagai tempat “bertapa” menempuh ilmu. Terlebih lagi banyaknya kesempatan mengikuti seminar-seminar nasional dan internasional yang membuka pintu kami untuk bertemu langsung dengan penulis dan pembicara internasional seperti Adrian Vickers dan Michel Picard yang dihadirkan oleh Prodi Magister Kajian Pariwisata. Kami bersyukur mendapatkan ilmu langsung dari para mahaguru dunia ini.

Kita bertemu dengan latar belakang yang berbeda, pola pikir yang berbeda. Tapi dari perbedaan itulah yang membuat kita belajar untuk saling memahami dan menghargai. Menjadi karyasiswa pascasarjana di Universitas Udayana, memberikan kami pengalaman yang luar biasa.

Kami belajar tentang arti dari sebuah perjuangan, pengorbanan dan konsekuensi. Tidak ada pencapaian tanpa perjuangan, tak ada hasil tanpa proses, apa yang kita raih hari ini adalah cerminan dari perjuangan kita, malam-malam begadang dan beberapa ratus cangkir kopi yang menemani kita menyelesaikan tugas dan karya selama kita dibentuk di sini.

Semua pengalaman belajar yang telah kita lalui adalah suatu proses pembekalan diri yang tidak akan bisa kita lupakan begitu saja.

Patut juga kita renungkan bahwa ini bukanlah akhir dari proses belajar kita. Graduation is just a conclusion of one chapter, a beginning of another. Ini awal dari perjalanan bagi kita untuk meraih kesuksesan selanjutnya.

Tanpa terasa waktu telah berlalu, di sini mungkin kita akan berpisah, melanjutkan mimpi kita, namun meskipun hari ini masa studi kita telah usai semoga kita bisa menjalin kebersamaan melalui ikatan alumni Pasca Sarjana Universitas Udayana. Kita sebagai bagian dari ujung tombak Universitas Udayana harus dapat mengharumkan nama almamater, memberikan kontribusi untuk kemajuan Indonesia. Jadilah pioneer-pioneer yang membangun Indonesia kearah yang lebih baik.

Mengutip kata Steve Blank, “the world is run by those who show up…not those who wait to be asked.” Hari ini adalah tentang masa depan, dimana kita sendiri adalah pemainnya, maka selalu berikanlah yang terbaik. Apapun profesi yang akan dan sedang rekan-rekan geluti, selalu jadilah yang terbaik.

Hari ini merupakan salah satu hari besar kita, hari kebahagiaan kita, hari yang sangat kita tunggu. Selamat berbahagia kepada seluruh calon wisudawan dan wisudawati program pascasarjana Universitas Udayana dan semangat menyambut kehidupan yang gemilang.