Catatan Event: Partisipasi Timor Leste dalam Pesta Kesenian Bali

Tim kesenian Timor Leste menjelang tampil dalam Pawai Pesta Kesenian Bali ke-37, 13 Juni 2015 di Renon.

Tim kesenian Timor Leste menjelang tampil dalam Pawai Pesta Kesenian Bali ke-37, 13 Juni 2015 di Renon.

Sejumlah mahasiswa Kajian Pariwisata Universitas Udayana dari Timor Leste tampil memperkuat misi kesenian negaranya dalam acara Pesta Kesenian Bali (PKB). Mereka tampil dalam dua acara, yaitu Pawai PKB (Sabtu, 13 Juni 2015) dan juga mengisi pentas seni di Art Centre, tempat PKB digelar selama sebulan dalam liburan sekolah, Juni-Juli.

Berikut adalah catatan Lindalva Magno De Araujo, mahasiswa Prodi Kajian Pariwisata angkatan tahun 2014, yang ikut ambil bagian dalam kegiatan kesenian tersebut.

Dalam acara di PKB tahun 2015, kami mahasiswa-mahasiswi Kajian Pariwisata Universita Udayana diberikan kepercayaan dari Konsulat Timor Leste di Bali untuk ikut berpartisipasi dalam pesta seni Provinsi Bali yang ke-37. Dengan bangga dan senang kami ikut bergabung dalam pesta seni, menjunjung motto: Timor Leste, Love My Country, Love My Culture

Dalam Pesta Kesenian Bali yang ke-37, Timor Leste mempertunjukkan kesenian-kesenian yang harus dilestarikan dan dikembangkan sebagai asset budaya yang menjadi kebanggaan Timor Leste. Kesenian yang ditampilkan termasuk musik tradisional, tarian tradisional, dan pakaian adat Timor Leste (Kain Tenun). Dengan demikian aktivitas dan kreativitas berkesenian menghasilkan karya cipta dan seni masyarakat tidak akan pernah berhenti,

Kami juga merasa sangat senang dan bangga karena dengan ikut pesta seni selain menambah ilmu dan pengetahuan, juga menambah wawasan serta bisa memperkenalkan seni dari daerah kepada orang banyak.

Sebelumnya, kami belum pernah ikut acara pesta seni di Provinsi Bali, tetapi dengan adanya program pesta seni ini akan sangat membantu kami untuk mengetahui lebih dalam mengenai budaya-budaya yang ada di provinsi Bali.

Penampilan tim kesenian Timor Leste di arena Pesta Kesenian Bali di Art Centre Denpasar.

Penampilan tim kesenian Timor Leste di arena Pesta Kesenian Bali di Art Centre Denpasar.

Program Luar Biasa

Program ini merupakan program yang sangat luar biasa dan kami sangat bangga dengan program ini, karena dengan program ini dapat menjalin hubungan bilateral yang baik antara kedua negara: Indonesia dan Timor Leste.

Pemerintah Provinsi Bali memberikan undangan kepada konsulat Timor Leste untuk ikut berkolaborasi dalam pesta seni. Partisipasi kami dalam pesta seni ini berjalan dengan lancar dan atraksi yang ditampilkan oleh para mahasiwa-mahasiswi Timor Leste dengan sangat meriah sehingga dapat menghibur undangan dan masayarakat yang hadir dalam acara ini

Kami yang ikut berkolaborasi dalam pesta seni Bali yang ke-37 antara lain Tomas Pereira (sebagai event organizer), Magda De Araujo I. B. Viana (sebagai MC dalam acara ini), Finia Ribeiro, Lindalva Magno De Araujo (sebagai penerima tamu dalam acara ini).

*) Lindalva Magno De Araujo, adalah mahasiswa Prodi Kajian Pariwisata Universitas Udayana, angkatan tahun 2014.